Peningkatan Kompetensi Lulusan dengan Praktikum Pengantar Akuntansi

Mata Kuliah Praktikum Akuntansi didesain dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS) mengacu kepada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis kompetensi (Competency Based Training/CBT) yang dapat diukur dalam Capaian Pembelajaran (CPL).

Mata kuliah berbasis praktik ini dilengkapi dengan buku hasil karya dosen pengampu mata kuliah sendiri yang dapat digunakan sebagai sumber belajar pokok peserta pendidikan jurusan akuntansi mulai Diploma hingga Sarjana dalam mencapai standar kompetensi kerja yang diharapkan dunia kerja.

Penyusunan buku dilakukan oleh dosen Program Studi Akuntansi Universitas Widya Mataram sekaligus praktisi dibidang akuntansi dan administrasi keuangan, Nisfatul Izzah., S.E., M.A. Buku disusun melalui beberapa tahap pengerjaan termasuk uji coba pengalaman dunia kerja yang ada. Sesuai perkembangan paradigma yang selalu terjadi dosen sekaligus penulis, menerima masukan-masukan konstruktif dari berbagai pihak khususnya para praktisi dunia usaha dan industri, pengelola organisasi, serta para akademis untuk dihasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) mahasiswa yang handal dan siap kerja. Lebih dari itu  mata kuliah berbasis praktik dilengkapi dengan buku khusus ini diharapkan dapat membawa manfaat tidak hanya bagi internal mahasiswa Akuntansi UWM tetapi juga membawa manfaat bagi masyarakat luas seperti calon staf dan pekerja bagian akutansi, keuangan dan administrasi keuangan.

Mahasiswa dalam praktiknya dapat memperoleh beberapa materi penting dalam dunia kerja seperti;

  1. Prosedur Akuntansi
  2. Bukti transaksi pada usaha barang dan jasa
  3. Formulir pengadaan barang dan Jasa
  4. Manajemen pengolaan dan akuntansi pengadaan barang dan jasa
  5. Ketentuan Prosedur dan formulir Pengajuan Uang Muka
  6. Rosedur Pertanggungjawaban Uang Muka
  7. Penjurnalan dan Voucher pada usaha barang dan jasa
  8. Mengaplikasikan Buku Besar
  9. Teknik Cash Opname dan Rekonsiliasi Bank
  10. Prosedur dan Teknik Menyusun Laporan Keuangan, dan
  11. Vouching dan Filling Laporan keuangan

source: IG @akuntansiuwm

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *